PROGRAM KERJA

Advokasi dan Kesejahteraan MaHASISWA

program kerja

Pengawalan Isu Akademik

Merupakan kegiatan pengawalan isu kemahasiswaan mencakup administrasi mahasiswa baru, mahasiswa on-going, KKN, dan MBKM; Sosialisasi informatif terkait regulasi akademik; Penyerapan aspirasi dan pengadvokasian ke pihak terkait.

Pencerdasan mahasiswa UGM terkait alur birokrasi, informasi akademik, dan isu akademik.

Info Lomba

Pemberian informasi terkait lomba yang berasal dari lingkup UGM dan eksternal UGM.

Mendorong mahasiswa UGM agar dapat berpartisipasi aktif dalam perlombaan yang menunjang akademik maupun non akademik.

Pengawalan Heregistrasi Mahasiswa

Merupakan program kerja yang memberikan perhatian khusus dalam masa heregistrasi sehingga mahasiswa dapat melanjutkan kuliah. Kegiatan yang dilaksanakan dalam program kerja ini yaitu 1) Menampung saran, keluhan, masalah, maupun aspirasi selama masa heregistrasi dari Posko/Formad; 2) Menyediakan layanan tanya jawab dan keluhan terkait proses heregistrasi; 3) Koordinasi dan implementasi Beasiswa Jaring Pengaman yang terdiri dari tiga skema yaitu Beasiswa Galang Dana, KAGAMA, dan Orang Tua Asuh.

Jumlah postingan seputar akademik; Inventarisasi aduan yang rapi; Staff memahami alur pengawalan isu; dan Staff dapat berkomunikasi dengan stakeholder eksternal.

Awardee Class

Merupakan program kerja yang berfungsi sebagai sumber informasi konkret bagi mahasiswa mengenai beasiswa yang tersedia dengan menghadirkan awardee dari beasiswa tersebut. Terdapat 3 aktivitas dari program kerja ini yaitu 1) Awardee sharing pengalaman dan informasi umum mengenai beasiswa; 2) Awardee melakukan pendampingan selama masa pendaftaran; 3) Awardee membuka sesi tanya jawab mengenai beasiswa tersebut. Acara dapat dilakukan baik secara sinkronus maupun asinkronus.

Jumlah partisipan; Kepuasan peserta dan narasumber; Timeline pelaksanaan.

Info Beasiswa

Media untuk memberikan informasi berbagai jenis beasiswa, baik dari internal maupun eksternal kampus.

Untuk memudahkan mahasiswa dalam mencari dan mendapatkan informasi berbagai beasiswa yang tersedia.

Beasiswa Abdi Gadjah Mada

Merupakan program kerja berupa pemberian beasiswa dan mentoring yang berfungsi sebagai apresiasi BEM KM UGM khususnya ADKESMA kepada mahasiswa yang memiliki prestasi khususnya dibidang non akademik atau kepemimpinan.

Memberi penghargaan atas dedikasi mahasiswa dibidang kepemimpinan sehingga akan semakin banyak mahasiswa yang menyalurkan bakat dan minat melalui organisasi kemahasiswaan.

ADKESTALK

Merupakan sebuah pengawalan isu yang dikemas dalam bentuk diskusi interaktif/talkshow yang mendiskusikan isu-isu seputar kegiatan akademik, finansial, maupun kebijakan kampus

Mengetahui informasi secara lebih dalam terkait isu yang di kawal, serta sebagai sarana edukasi bagi mahasiswa secara luas.

Pengawalan Isu Kampus

Merupakan kegiatan pengawalan isu kemahasiswaan dan kebijakan kampus; Penyerapan aspirasi dan pengadvokasian ke pihak terkait.

Pencerdasan mahasiswa UGM terkait isu kemahasiswaan dan kebijakan kampus.

KLIMAKS (Kawal Isu Maksimal)

Ringkasan isu yang sedang dikawal dengan format yang lebih singkat dan mudah dipahami serta dipublikasikan dalam bentuk infografis, artikel pendek (1 -2 halaman), ataupun video

Mengedukasi serta menginformasikan terkait progress ataupun deskripsi awal isu yang dikawal oleh ADKESMA

Policy Brief

Tulisan yang memuat terkait rekomendasi kebijakan atas suatu isu masalah

Mengubah/mengganti suatu kebijakan berdasarkan keberpihakan kepada kondisi mahasiswa.

Adkesgram, Adkestwit, Adkestok

Akun media sosial kementrian Adkesma yang digunakan sebagai platform pelayanan informasi seputar kemahasiswaan seperti heregistrasi, kkn, beasiswa, dll.

Menyediakan dan memberikan informasi kepada mahasiswa dengan lengkap dan aktual.

NGOBAD (NGOBROL ADVOKASI)

Kunjungan yang dilakukan oleh Adkesma BEM KM UGM ke bagian Advokasi Mahasiswa baik dalam tingkat himpunan jurusan maupun fakultas. Kegiatan ini dilakukan untuk mendapatkan informasi serta aspirasi terkait suatu isu yang menjadi fokus bahasan.

Mengenal lebih dekat dan mengetahui kebutuhan himpunan ataupun fakultas yang dikunjungi

Pengawasan Kedirjenan

Mengawasi dan memantau pembagian tugas para staff di tiap kedirjenan dilakukan oleh kedirjenan personalia

Memastikan agar pembagian kerja merata dan memantau kondisi tiap staff

Upgrading Internal

Kegiatan berupa pelatihan bagi seluruh anggota kementerian dengan mengangkat topik bahasan yang mampu menunjang pelaksanaan berbagai proker Adkesma dan meningkatkan skill personal masing-masing anggotanya.

Peningkatan mutu, pengetahuan, kemampuan, dan semangat berorganisasi bagi seluruh anggota Kementerian Adkesma BEM KM UGM.

Makrab

Kegiatan untuk saling mengenal lebih dekat di internal kementerian adkesma

Sarana untuk bonding dan membangun lingkungan yang nyaman

Hearing Rektorat

Penyampaian apresiasi/kritik terbuka dari mahasiswa terhadap kinerja rektorat dengan budaya akademis terkait kebijakan kampus yang telah direalisasikan atau masih dalam tahap perencanaan.

Menyampaikan apresiasi/kritik/saran kebijakan dari mahasiswa kepada rektorat atau pemangku kebijakan